SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI TAGANA KABUPATEN KARAWANG

Home » , » Tsunami Raksasa Berpotensi Hantam Jepang

Tsunami Raksasa Berpotensi Hantam Jepang


PARA ilmuwan dari Jepang memperkirakan adanya potensi gempa bumi di lepas pantai selatan 'Negeri Matahari Terbit' itu. Berdasarkan estimasi para ilmuwan, area pantai Pasifik negara itu dapat diterjang tsunami lebih dari 34 meter (112 kaki).

Sebuah panel pemerintah mengatakan tsunami itu mungkin disebabkan gempa berkekuatan 9,0 skala Richter di palung Nankai yang berada di wilayah timur pulau utama Jepang, Honshu. Retakannya diprediksi memanjang hingga ke Pulau Kyushu di selatan.

Pada 2003, para ilmuwan telah memperkirakan adanya tsunami setinggi kurang dari 20 meter (66 kaki). Revisi tersebut dibuat berdasarkan penelitian terbaru terhadap gempa berkekuatan 9,0 skala Richter pada Maret 2011 yang menghancurkan pantai timur laut Jepang dan menewaskan sekitar 19 ribu orang.

Bencana dan krisis di Fukushima tahun lalu telah mendorong para ahli untuk mengkaji kesiap-siagaan bencana di Jepang. Hujanan kritik datang dari berbagai pihak atas kegagalan Jepang dalam memperhitungkan resiko bencana yang potensial.

Tsunami tahun lalu juga memutuskan aliran listrik di pabrik nuklir berusia 40 tahun sehingga mengarah ke bencana nuklir yang terburuk sejak Chernobyl pada 1986.

Revisi perkiraan tsunami dan gempa bumi Nankai mengatakan, Tokyo mungkin akan diterpa gelombang setinggi hingga 2,3 meter (7,6 kaki). Tapi seperti di kota pesisir Kuroshio, Pulau Shikoku, tsunami bisa mencapai 34 meter (112 kaki).

Pemodelan komputer revisi tersebut mengasumsikan air pasang diperkiraan mencapai yang tertinggi. (AP/MI/Wrt3)

Sumber : Metrotvnews
Share this article :

Posting Komentar