SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI TAGANA KABUPATEN KARAWANG

Home » , » Gelombang Laut Palabuhanratu Capai 3 Meter

Gelombang Laut Palabuhanratu Capai 3 Meter

Tinggi gelombang laut Palabuhanratu Sukabumi dari hasil perhitungan dan pemantauan Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, mencapai tiga meter karena cuaca buruk. - ilustrasi
Sukabumi - Tinggi gelombang laut Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dari hasil perhitungan dan pemantauan Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, mencapai tiga meter karena cuaca buruk.
"Curah hujan yag cukup tinggi menyebabkan tinggi gelombang laut di Palabuhanratu tinggi, karena terpengaruh kecepatan angin," kata Kepala PPN Palabuhanratu, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arief Rahman Lamatta, di Sukabumi, Selasa.

Dari pantauan PPNP, tinggi gelombang laut di luar Teluk Palabuhanratu mencapai tiga meter tetapi untuk di dalam teluk maksimal hanya 1,5 meter.

Tinggi gelombang ini dipengaruhi oleh kecepatan angin yang mencapai 15 knot/detik. Lebih lanjut, kondisi seperti ini akan terjadi diperkirakan sampai akhir April atau berakhirnya musim angin barat.

"Kami sudah mengeluarkan imbauan kepada nelayan apabila kondisi cuaca buruk, maka lebih baik untuk tidak melaut dahulu sampai kondisi cuaca kembali membaik," tambahnya.

Namun, dikatakan Arief, saat ini sudah banyak nelayan yang melaut walaupun tinggi gelombang cukup tinggi karena menurutnya nelayan sudah mengetahui kapan waktu yang aman untuk melaut dan waktu yang tidak aman. Tetapi nelayan diimbau agar selalu waspada dan berhati-hati.

"Dengan gelombang yang cukup tinggi ini bisa menyebabkan kecelakaan laut, jenis kapal yang sudah mulai melaut yakni jenis rumpon," kata Arief.

Sementara, sejak 2012, sudah terjadi tiga kasus nelayan hilang di perairan laut Sukabumi, terakhir lima orang nelayan Palabuhanratu hilang hampir satu bulan ini dan pencarian pun dihentikan.

Sumber : inilahjabar.com
Share this article :

Posting Komentar